Thursday, January 31, 2019

Peka pada Tantangan Pembangunan dan Pengembangan Teknologi Bersama IFI Prancis

Liputan6.com, Jakarta - Institut Prancis di Indonesia (IFI) menggelar La Nuit des Idées (Malam Perjamuan Ide) bertema “Tantangan Pembangunan di Indonesia di Era Teknologi” pada 31 Januari di Auditorium IFI Thamrin. Para pembicara yang hadir yakni Pendiri Bubu.com Shinta Dhanuwardoyo, Pendiri Habibie Center Ilham Habibie, Pakar Etnobiologi Edmond Dounias, Pendiri Majalah Sains Anak-anak Kuark Sanny Djohan, serta psikolog sosial Risa Permanadeli. Acara serupa digelar secara serentak di IFI Bandung, IFI Surabaya dan IFI Yogyakarta.

Atase Kebudayaan Kedubes Prancis Abdramane Kamaté mengatakan bahwa Malam Perjamuan Ide digelar serentak di Institut Prancis di berbagai lokasi di seluruh dunia dengan satu tema yang telah ditetapkan oleh Institut Prancis di Paris yaitu Tantangan Pembangunan dan Pengembangan Teknologi. Dalam konteks Indonesia, tema ini menjadi penting dan relevan mengingat Indonesia adalah bagian dari G20.

"Sebagai salah satu negara dengan petumbuhan Produk Domestik Bruto yang cepat, Indonesia perlu memahami bahwa pembangunan dan lompatan teknologi bukanlah tanpa konsekuensi pada masyarakat Indonesia itu sendiri dan cara hidup mereka,” ungkap Kamaté.

Ia menambahkan bahwa Malam Perjamuan Ide juga hadir untuk mempertemukan masyarakat luas dengan para aktor yang terlibat dalam pengembangan teknologi dan membawa inisiatif di dunia pendidikan serta para peneliti dan akademisi yang memfokuskan riset mereka pada isu pengembangan teknologi dan dampaknya bagi masyarakat dan gaya hidup di lingkungan perkotaan dan pedesaan. 

Selain diskusi, Malam Perjamuan Ide juga diisi dengan penampilan duo elektro pop asal Bandung Bottlesmoker yang beranggotakan dua sahabat Anggung Suherman (Angkuy) dan Ryan Adzani (Nobie), pameran foto degradasi lingkungan karya anak-anak dan presentasi penemuan teknologi lingkungan pemenang Indonesia Science Expo (ISE) dan pemutaran film dokumenter karya sutradara Prancis Adrien Bellay dengan judul L’Eveil de Permaculture”: Menjawab Tantangan Ekologis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Let's block ads! (Why?)



January 31, 2019 at 05:02PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2MF2nGm
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment