Monday, December 31, 2018

Ada Larangan Berenang di Sepanjang Pantai Selatan, Sampai Kapan?

Mengantisipasi kecelakaan di perairan akibat tingginya gelombang pantai selatan, Kepolisian Resor Cilacap, menerjunkan patroli bemo di sejumlah pantai wisata Cilacap pada masa libur Natal dan tahun baru ini.

Kepala Subbagian Humas Polres Cilacap, AKP Bintoro Wasono mengatakan, petugas berkeliling untuk mengimbau agar pengunjung pantai wisata tak berenang atau bermain terlalu dekat dengan bibir pantai.

Sebab, saat ini gelombang tinggi tengah terjadi di perairan selatan Jawa, termasuk Cilacap. Gelombang tinggi itu berbahaya bagi wisatawan yang bermain terlampau dekat dengan bibir pantai.

"Melakukan imbauan, baik dengan kendaraan yang ada, maupun kendaraan untuk objek wisata juga kita turunkan, bemo untuk melakukan patroli di pesisi pantai," kata Bintoro.

Dia menerangkan, secara berkala polisi akan berkeliling untuk menyisir pantai wisata untuk membantu pengelola agar wisatawan tak mandi di pantai. Menurut dia, imbauan secara langsung itu lebih efektif dibanding hanya dengan pengeras suara atau berbentuk papan peringatan.

"Kita sudah menyiapkan semuanya ya. Wisata di sana, dibawakan oleh beberapa anggota kita di sana," Bintoro menegaskan.

Di pantai selatan Jawa mulai Kebumen hingga Purworejo telah jatuh korban jiwa akibat terjangan ombak. Korban tidak mentaati peringatan untuk tak berenang di pantai. Rata-rata korban adalah remaja dan anak-anak. Dengan rincian, empat remaja di Kebumen dan dua anak-anak di Purworejo.

"Jangan mandi di pantai. Apalagi anak kecil. Orang tua harus memperhatikan anaknya agar jangan sampai lepas pengawasan," ujarnya.

Pada libur akhir tahun ini, terjadi peningkatan kunjungan wisata yang sangat signifikan. Bahkan, beberapa jalan masuk area wisata, utamanya jalur lintas selatan-selatan mulai dari Widarapayung hingga Kota Cilacap sempat macet akibat membludaknya kendaraan yang masuk maupun keluar area wisata.

Sebab itu, kepolisian secara khusus menempatkan pos lalu lintas di area wisata yang tingkat kunjungannya meningkat drastis. Dia menyebut, objek wisata benteng pendem dan Pantai Teluk Penyu yang berlokasi sama menjadi area wisata yang paling tinggi kunjungannya.

Saksikan video pilihan ini:

Let's block ads! (Why?)



December 31, 2018 at 08:00PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2Apwv3B
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment