Tuesday, December 25, 2018

Militan Serbu Gedung Kementerian Afghanistan di Kabul, 43 Orang Tewas

Liputan6.com, Kabul - Sejumlah pejabat Afghanistan mengatakan, sekelompok laki-laki bersenjata yang belum diketahui identitasnya, termasuk beberapa pembom bunuh diri, menyerbu sebuah gedung pemerintah di Kabul pada 24 Desember 2018.

Pada Selasa 25 Desember, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Afghanistan, Wahid Majroh mengatakan, sejauh ini 43 mayat dan 10 orang yang cedera telah diangkut dengan ambulans dari lokasi serangan.

Seorang polisi meninggal dan tiga gerilyawan ditembak hingga tewas selama tujuh jam baku-tembak di dalam kompleks pemerintah itu.

Aparat menduga, pelaku penyerangan merupakan kelompok militan gerilyawan garis keras terafiliasi Taliban atau ISIS di Afghanistan, demikian seperti dikutip dari Antara (25/12/2018).

Serangan itu berawal pada Senin (24/12) pagi ketika seorang pembom bunuh diri meledakkan mobil bermuatan bahan peledak di luar gedung Kementerian Urusan Syuhada dan Difabel.

Ledakan itu membuat kelompok penyerang dapat memasuki gedung kementerian. Beberapa penyerang berusaha mengambil sandera, dan yang lain terlibat baku-tembak lama dengan pasukan keamanan lokal.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Najib Danish mengatakan kepada wartawan di Kabul bahwa gedung itu telah dinyatakan aman pasca serangan yang berlangsung selama tujuh jam, demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia.

Para pejabat mengatakan, lebih dari 300 pegawai departemen berhasil dievakuasi setelah serangan itu terjadi. Banyak gedung dan departemen penting lain berada di pemukiman yang sama di Kabul.

Belum ada yang mengklaim bertanggung jawab. Namun pemberontak Taliban dan militan ISIS kerap mengklaim serangan-serangan sebelumnya di Kabul dan beberapa wilayah lain di Afghanistan.

Simak video pilihan berikut:

Taliban menembakkan beberapa roket ke dekat istana kepresidenan Afghanistan, ketika presiden Ashraf Ghani berpidato untuk menyambut hari raya Idul Adha.

Let's block ads! (Why?)



December 25, 2018 at 03:01PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2RkgSUM
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment