Saturday, December 22, 2018

Presiden Jokowi Ungkap Strategi Hapus Angka Kemiskinan di Indonesia

Liputan6.com, Makassar - Presiden Joko Widodo mengingatkan Kepala Desa dan para pendamping desa yang hadir dalam kegiatan Jambore Desa Evaluasi Kebijakan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Tahun 2018 di Makassar, Sabtu (22/12/2018), semaksimal mungkin mempergunakan anggaran dana desa dengan baik.

"Hati-hati dalam penggunaan dana karena jumlahnya sangat besar dan harus tepat sasaran dalam pemanfaatannya," kata Jokowi dalam sambutannya mengingatkan.

Dia menyebutkan, dalam penggunaan dana desa yang hingga tahun keempat ini sudah mencapai Rp 187 triliun.

Jokowi mengatakan, kedepannya anggaran dana desa akan ditingkatkan lagi jumlahnya sebesar Rp 70 triliun. Hal itu tak lepas dari harapan pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia dengan mengawali memakmuran masyarakat di tingkat desa.

"Kita ingin menurunkan angka kemiskinan di Indonesia dan titik akhirnya kita harap tak ada lagi masyarakat desa yang miskin," ucap kakek Jan Ethes itu.

Ia pun membeberkan sebuah teori ekonomi yang sifatnya sederhana kepada para Kepala Desa yang hadir khususnya terkait pelaksanaan pemanfaatan anggaran dana desa yang diberikan.

Kata Jokowi, perlu memikirkan efisiensi anggaran. Diantaranya jika ingin membangun sebuah jembatan desa atau jalan desa. Maka sebaiknya membeli material atau bahan yang digunakan di lingkungan desa itu sendiri agar tidak mengeluarkan biaya yang besar.

"Di desa itu kan semua yang dibutuhkan ada. Mulai dari pasir, batu-batuan atau material lainnya. Jadi sebaiknya manfaatkan itu untuk efisiensi anggaran," jelas Jokowi.

Ketika bahan material yang dibutuhkan tidak ditemukan di lingkup desanya, bisa membeli di Desa tetangganya. Dan jika tetap tak ada, maka baru melangkah mencari ke lingkup Kecamatan.

"Jadi manfaatkan semua yang ada di Desa. Jangan uangnya justru kembali ke Kota," terang Jokowi.

Selain mengenai material bangunan, ia juga berharap Kepala Desa memanfaatkan tenaga kerja yang ada di Desanya masing-masing untuk ikut dalam pengerjaan infrastrukur Desa menggunakan dana desa yang diberikan.

"Jadi dana desa itu diberikan untuk dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat Desa dengan baik. Manfaatkanlah semua potensi yang ada di Desanya masing-masing," tutur Jokowi.

Jokowi intruksikan kepala daerah agar dana desa tepat sasaran

Let's block ads! (Why?)



December 22, 2018 at 08:02PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2PTY3mI
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment