Friday, April 19, 2019

14 Kata Mutiara Islam yang Dapat Menenteramkan Hati dan Jiwa

“Iman tanpa ilmu bagaikan lentera di tangan bayi. Namun ilmu tanpa iman bagaikan lentera di tangan pencuri” Buya Hamka

Buya Hamka yang merupakan sastrawan dari Sumatera Barat ini juga merupakan salah satu ulama yang berpengaruh di Indonesia. Kata mutiara islam satu ini bermakna dalam, yang menggunakan patokan iman dan ilmu.

Bila seseorang memiliki iman tapi tidak punya ilmu, akan seperti lentera di tangan bayi, hanya menerangi dirinya saja, sedangkan bila ilmu tanpa iman, bagaikan lentera di tangan pencuri yang berarti bisa digunakan untuk hal hal yang tidak baik. 

“Air mata berasa asin itu karena air mata adalah garam kehidupan” Buya Hamka

Kata mutiara islam satu ini menyatakan bahwa air mata adalah salah satu bentuk pengalaman yang membuat kamu menjadi lebih kuat dalam menjalani hidup kamu.

“Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan” Buya Hamka

Buya Hamka juga kadang menulis roman sastra, dan kata kata nya tentang cinta juga tak kalah menarik. Kata mutiara islam satu ini menceritakan bahwa cinta bukan lah keputus asaan ataupu tangisan, Melainkan pengharapan dan kekuatan dalam menempuh hidup yang penuh tantangan. 

“Kecantikan yang abadi terletak pada keelokan adab dan ketinggian ilmu seseorang. Bukan terletak pada wajah dan pakaiannya” Buya Hamka

Terkait dengan penilaian terhadap sesama manusia. Buya Hamka menggambarkan bahwa kecantikan atau keindahan yang abadi adlaah tingkah laku yang baik dan ilmu yang tinggi.

Bukannya terletak pada keelokan rupa maupun pakaian yang dipakai oleh seseorang tersebut. Kata mutiara islam satu ini membuat kamu sadar bahwa dalam menilai seseorang tidak bisa hanya dengan melihat tampak luarnya saja.

Let's block ads! (Why?)



April 19, 2019 at 03:21PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2UPfEDT
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment