Thursday, April 18, 2019

Jack Ma Sebut Kerja Lembur Adalah Anugerah Besar

Liputan6.com, Beijing - Pendiri Alibaba sekaligus miliarder Jack Ma terkenal sangat senang bekerja keras. Baru-baru ini ia memicu kontroversi setelah mengatakan bahwa para pemuda yang bekerja di perusahaan-perusahaan teknologi besar harus memandang budaya kerja lembur sebagai anugerah besar.

Dalam pesannya pada karyawan pekan lalu, Ma mengatakan bahwa banyak pekerja memiliki peluang yang rendah untuk bekerja dengan waktu ekstra. Jadi mereka yang bisa bekerja lembur dapat memperoleh manfaat lebih dari pekerjaannya.

"Secara personal, saya merasa bahwa mampu bekerja 996 (kode waktu kerja 72 jam per minggu) merupakan anugerah yang luar biasa," terangnya seperti dilansir dari CNBC, Rabu (17/4/2019).

Sebutan jadwal 996 itu mengacu pada bekerja dari pukul 9 pagi hingga 9 malam selama 6 hari per minggu.

Pengusaha e-commerce ini justru menambah kontroversi di tengah debat tentang keseimbangan, antara kehidupan pribadi dan pekerjaan, yang tengah tumbuh di antara para pegawai China beberapa pekan terakhir.

Bulan lalu, para aktivis di situs GitHub membentu kelompok diskusi yang disebut "996.ICU". Kode ini mengarah pada para karyawan yang bekerja dengan jadwal tersebut dan mengalami kelelahan hingga akhirnya harus dirawat di Intensive Care Unit (ICU).

"Banyak perusahaan dan karyawan yang tidak memiliki peluang untuk bekerja 996. Jika Anda tak bekerja dengan jadwal 996 saat masih muda, kapan Anda akan melakukannya," ujarnya.

Mantan guru yang kini menjadi miliarder itu mencatat bahwa dia dan para pendiri lain selalu menghabiskan banyak waktu untuk bekerja saat Alibaba baru pertama kali berdiri. Dia juga bertanya, jika Anda tidak menghabiskan lebih banyak waktu dan energi bagaimana Anda bisa sukses.

"Dibandingkan dengan mereka, hingga hari ini, saya masih merasa beruntung. Saya tak menyesalinya (bekerja 12 jam per hari), saya tak akan pernah mengubah bagian diri saya ini," tandasnya.

Let's block ads! (Why?)



April 18, 2019 at 08:01PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2Xr1Gop
via IFTTT
Share:

1 comment:

  1. Mari segera bergabung dengan kami.....
    di AjoKartu.com^^online 24 jam.
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW.Ajokartu.com | bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete